3 Tips Sukses Ujian Nasional (UN)

Ujian Nasional ? Menakutkankah ? bagi sebagian besar pelajar indonesia, ternyata ujian nasional masih menjadi momok yang menakutkan. UN atau Ujian Nasional seketika berubah menjadi Ujian Nyeremin, Ujian Nervous, Ujian Nakutin, dll.  Namun para pelajar tersebut nampaknya tak perlu khawatir berlebihan lagi, karena kini nilai Ujian Sekolah pun ikut mempengaruhi kelulusan.
Namun Ujian Nasional jika tidak disiasati juga bisa menjadi momok menakutkan. Berikut beberapa hal yang harus kamu persiapkan menghadapi ujian nasional :
1. Niat yang mantap
Niatkan dalam diri mulai saat ini untuk tidak mencontek, ingalah kawan, kita belajar orientasinya bukan sekedar nilai tinggi, tapi ilmu yang kita dapatkan dapat kita amalkan dan bermanfaat untuk orang lain, dengan kata lain, prioritaskan ilmu yang paling utama, karena jika nilai tinggi yang kita prioritaskan maka bukan tidak mungkin kelak cara-cara yang kurang baik yang digunakan untuk mendapatkannya. Tetapi jikalau memang tujuan kita adalah ilmu dan ridho Allah, maka cara yang baik lah pasti yang kan kita tempuh. Tentunya dengan belajar dengan sungguh-sungguhlah yang akan menjadi salah satu jalan kita menghadapi UN.
2. Fisik yang Prima
Fisik yang prima menjadi salah satu hal penting lainnya ketika hendak menghadapi UN. Maka dari itu, mulai dari sekarang biasakan sarapan, karena sarapan adalah hal penting bagi seorang pelajar guna mengarungi aktifitas belajar nya di sekolah.Dan satu kebiasaan yang harus dihilangkan, yaitu BEGADANG. Tidak ada alasan begadang bela-belain belajar, ingat Allah menciptakan malam untuk dijadikan waktu istirahat bagi kita. Lho saya klo gk begadang gk belajar maksimal dong? SALAH BESAR ! kurangi waktu tak bermanfaatmu seperti hang out gk jelas dengan teman-teman, facebookan tak bermanfaat, ataupun game online. Jadi bukan mengurangi waktu belajar, tapi mengurangi waktu yang tak bermanfaat.
3. Persiapan yang Matang
Persiapan yang matang ini salah satunya telah dicantumkan di poin nomor 2 diatas, yakni persiapan fisik, namun kita tidak boleh lupa akan persiapan emosional dan mental. Karena disinilah banyak pelajar yang sebenarnya memiliki kemampuan namun kurang dari sisi emosional dan mental, sehingga tidak siap menghadapi UN. berdasarkan persiapan, ada 3 kriteria pelajar menjelang UN :
1. PTS (Pelajar Terlalu Santai)
Jangan menjadi tipe pelajar PTS !, ini berhaya sahabat, terlalu santai dan terlalu menganngap mudah bisa menjadi sandungan keberhasilan. Hindari Opini yang mengatakan Kelas 1 adaptasi, kelas 2 main-main, kelas 3 Belajar serius. Hindari Opini sesat ini !
2. PTN (Pelajar Terlalu Nervous)
Jangan juga menjadi Pelajar seperti ini ! Terlalu nervous membuat pikiran dan fokus sahabat dalam belajar menjadi buyar. Keep Calm and Keep Study nampaknya harus diterapkan jika sahabat sudah terjerumus kedalam tipe pelajar seperti ini.
3. PKS (Pelajar Kalem Santun)
PKS disini bukan partai ya sahabat KPI ^_^ . tapi singkatan saja, Jadilah pelajar yang PKS (Pelajar Kalem Santun), pelajar yang senantiasa kalem dan santun ketika UN menghampiri, pelajar yang senantiasa proporsional dalam membagi waktu belajar, waktu istirahat, waktu ibadah, dan waktu untuk keluarga. Dengan Kalem dan Santun seperti inilah kemudian ditambah dengan kekuatan Doa dan Ridho dari orang tua kita,  maka Ujian Nasional yang seketika berubah menjadi Ujian Nakutin akan bertransformasi menjadi Ujian Nyenengin karena Insya Allah sahabat akan memasuki dunia baru, baik itu dunia kampus maupun dunia kerja, dan tentunya akan terasa senang melihat kita mengenakan toga dan berfoto bersama dengan orang yang kita Cintai icon smile 3 Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional .
Semoga Sukses Sahabat KPI ^_^
Kreatif, Prestatif, Inovatif

Salam Cinta dan Salam Sukses
Bayu Mahardika
Manager Program KPI

Mau undang tim KPI ke sekolah mu untuk Training dsb?
Hubungi via :
Whatsapp: 0838 7722 5628
Phone : 0856 1046 186
Pin BB : 2275209A

Comments