Mobil "ESEMKA" dan Peran SMK

Fenomena munculnya mobil "Esemka" yang merupakan Rakitan anak dalam negeri yakni siswa/i SMK 2 Surakarta, Solo Jawa Tengah bersama Kiat Motor memang menjadi kabar menggembirakan untuk kita masyarakat Indonesia yang telah lama menantikan adanya produk-produk lokal khususnya di sektor otomotif seperti mobil.

Memang sebelumnya sudah ada sederet mobil produksi lokal lainnya seperti kancil, dll, namun tampaknya mobil-mobil lokal tersebut masih menjadi "anak tiri" di negeri sendiri.Diharapkan setelah terbitnya mobil lokal yang juga merupakan rakitan anak SMK ini dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap mobil lokal yang diberi nama Mobil "ESEMKA" ini.

Disamping itu, ada juga SMK lain di Indonesia yang berhasil merakit mobil lokal lainnya. Karena hal tersebut menjadi program Dinas Pendidikan buat siswa-siswa di SMK di Indonesia. Proyek mobil Kiat Esemka juga sudah dilakukan oleh 15 SMK di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jakarta, diantaranya SMK N 1 Trucuk, SMKN 2 Surakarta, SMK Warga Surakarta, SMKN 5 Surakarta, SMKN Tengaran Salatiga, SMK Pati, SMK Kediri, SMK Madiun, SMK Ponorogo, SMK Wonogiri, SMK Salatiga, SMKN 1 Jakarta dan lainnya.

Mobil Kiat Esemka juga bukan satu-satunya mobil buatan lokal. Sebelumnya ada Kancil dan GEA (Gunakan Energi Alternatif)buatan PT INKA, mobil off road Komodo, UPV (Urban Personal Vehicle) dan TAWON buatan PT Super Gasindo Jaya.

Dengan terbitnya sederet mobil lokal yang dirakit siswa/i SMK semakin menunjukkan bahwa siswa/i SMK layak di apresiasikan lebih, karena disamping punya keterampilan kerja, SMK juga siap jika melanjutkan kuliah. Mungkin masih banyak pemuda kita yang gengsi dan menganggap SMK itu berada di Kasta kedua, dengan informasi ini tidak selayaknya lagi kita memandang SMK sebelah mata dan menaruh gengsi. So Untuk siswa/i SMK berbanggalah dan tunjukkan, SMK Bisa !!!!!!

Wallahualam..
_Maheerdika el-Faruq_
sumber : vivanews.com, kompas.com

Comments